Translate

Wednesday, January 9, 2013

MANFAAT cangkang/ kulit UDANG

Dari artikel sebelumnya membahas tentang manfaat limbah cangkang udang untuk bahan ramah lingkungan pembasmi rayap.............
nah kali ini kalian bisa baca artikelku tentang manfaat dari udang sendiri......
banyak loh manfaatnya jika kalian makan udang tu,,,,,,,banyak sekali mengandung protein....

selain cangkang udangnya bisa digunakan bahan anti rayap, cangkang udang ini juga sangat gurih dan enak bgt rasanya......bahkan bisa di buat camilan kripik udang,,,uewenakkkkkk......

Selain uenak dimakan, cangkang atau kulit udang berfungsi juga untuk kesehatan yaitu sebagai penghambat perbanyakan sel kanker lambung manusia dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. bisa juga menurunkan kolesterol, mengurangi beban kerja liver dan mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat lemak berlebihan, mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang. Selain itu, kulit atau cangkang udang ini menghindarkan dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba patogen penyebab penyakit typhus seperti Salmonell aenterica, Salmonella enterica var. Paratyphi-A dan Salmonella enterica var. Paratyphi-B," .
Cangkang udang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan yang aman dikonsumsi loh........udang memiliki nilai  jual cukup tinggi. Tidak hanya dagingnya saja yang dapat dimanfaatkan,  melainkan juga cangkang dan kepala udang yang sering kali menjadi limbah dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Cangkang dan kepala udang memiliki kandungan gizi yang tidak kalah pentingnya  dengan daging udang. Cangkang atau kulit udang ini memiliki kandungan  senyawa kitin yang sangat berprospek untuk dimanfaatkan. 
Untuk mengganti MSG atau vetsin yang biasa digunakan tiap masak tuh lebih baiknya kita buat serbuk penyedap dari cangkang dan kepala udang, jadi tidak memiliki kandungan kimia yang berbahaya.

No comments: