Translate

Sunday, January 27, 2013

Spesiasi


Sebenarnya sulit sekali memperoleh kriteria spesies yang universal. Hal ini disebabkan oleh suatu spesies adalah suatu yang unik di dunia dan mempunyai karakteristik, mekanisme dan keanekaragaman tersendiri. Bermacam-macam kategori di atas dan di bawah spesies menunjukkan bahwa batasan yang diberikan tidak dapat mencakup semua fenomena yang terdapat di alam. Demikian pula spesiasi adalah suatu proses yang tidak berhenti pada suatu masa tertentu. Proses spesiasi tidak hanya ditentukan oleh satu proses atau satu mekanisme, tetapi biasanya ditentukan oleh sejumlah mekanisme. Interaksi antarspesies memberi warna tersendiri dalam proses spesiasi.
Spesiasi atau proses pembentukan spesies baru merupakan bagian penting dari proses evolusi yang pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh interaksi individu. Ada sejumlah mekanisme yang mengatur berhasil tidaknya perkawinan memperoleh keturunan. Bermacam-macam barier terdapat pada suatu spesies atau kelompok spesies dan biasanya barier yang bekerja tidak bekerja secara unik, tetapi beberapa barier bekerja sekaligus. Proses spesiasi berlangsung sangat efektif pada pulau atau daerah yang terisolasi, karena memang kalau ditinjau dari segi genetik, maka frekuensi gen yang jarang di daerah yang luas akan dapat menjadi sangat efisien di daerah yang terbatas luasnya
Spesiasi merupakan sebuah proses evolusi munculnya spesies baru. Spesiasi merupakan  proses suatu spesies berdivergen menjadi dua atau lebih spesies. Ia telah terpantau berkali-kali pada kondisi laboratorium yang terkontrol maupun di alam bebas. Pada organisme yang berkembang biak secara seksual, spesiasi dihasilkan oleh isolasi reproduksi yang diikuti dengan divergensi genealogis.
Terdapat empat mekanisme spesiasi. Yang paling umum terjadi pada hewan adalah spesiasi alopatrik, yang terjadi pada populasi yang awalnya terisolasi secara geografis, misalnya melalui fragmentasi habitat atau migrasi. Seleksi di bawah kondisi demikian dapat menghasilkan perubahan yang sangat cepat pada penampilan dan perilaku organisme.Karena seleksi dan hanyutan bekerja secara bebas pada populasi yang terisolasi, pemisahan pada akhirnya akan menghasilkan organisme yang tidak akan dapat berkawin campur.
Spesies merupakan suatu kelompok yang saling kawin-mawin (interbreeding group) dan berbeda dengan kelompok yang saling kawin yang  lain.  Ernst Mayr mendefinisikan spesies sebagai populasi alamiah yang dapat mengadakan silang-dalam secara potensial atau aktual, dan tidak mengadakan persilangan dengan populasi lain, meskipun ada kesempatan untuk itu. Sedangkan spesiasi adalah proses terbentuknya spesies baru dalam suatu populasi melalui isolasi reproduksi, yakni isolasi yang menyebabkan tertutupnya pertukaran gen antar populasi yang mempunyai sifat – sifat genotip yang berbeda (Izzudin, 2004).
Konsep mengenai spesies telah mengalami perubahan sepanjang sejarah. Salah satu konsep mengatakan konsep itu statis, suatu kesatuan khusus yang mempunyai bentuk immutable, dimana individu – individu yang satu spesies secara garis besar menyerupai ( morfologi ). Menurut pendapat ini, variasi – variasi individu dihasilkan dari ketidaksempurnaan terhadap individu yang ideal. 

No comments: